TUGAS PERILAKU KONSUMEN
“Preferensi Konsumen Terhadap Produk Minuman Bersoda”
Rifqy Rahmana Putra 17213686
Maulana Ibrahim 15213356
Fachrul Ramadhan 13213029
Dian OggiPambudi 12213374
AnnisaRabbaniyahW 11213150
ErlanAgustian 12213938
UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN MANAJEMEN
PENDAHULUAN
Perkembangan industri yang
bergerak di ranah fast moving consumer goods semakin pesat. Salah satu segmen
yang paling menjanjikan adalah minuman ringan. Pada tahun 2003 pertumbuhan
minuman ringan mencapai 13% dengan volume penjualan sebesar sepuluh milyar liter
(Fianaratri, 2005: 1). Angka tersebut tentunya mencapai nominal lebih tinggi
pada beberapa tahun terakhir melihat semakin banyaknya perusahaan yang memasuki
pasar minuman ringan. Salah satu minuman ringan yang menjadi favorit di
Indonesia adalah teh dalam kemasan atau teh siap saji. Hal ini seiring dengan
kebiasaan masyarakat Indonesia mengonsumsi teh.
Hasil
survey lembaga penelitian MARS di lima kota besar di Indonesia menunjukkan
bahwa teh dikonsumsi oleh 75% penduduk Indonesia. Kerja keras PT. Sinar Sosro
dalam mengedukasi pasar untuk mengonsumsi Teh Botol Sosro menjadikan teh
kemasan diterima baik oleh pasar. Hal ini ditunjukkan dari survey yang
dilakukan oleh PT. Coca Cola Amatil yang disampaikan pada CCA’s Investor
Meeting pada tahun 2004 yang memperlihatkan minuman teh siap saji atau teh
kemasan di Indonesia berada pada posisi kedua di bawah air mineral dan
mengungguli minuman ringan berkarbonasi. Antara tahun 2004 sampai tahun 2009,
pertumbuhan minuman ringan di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 7,2 %.
Pada tahun 2009, omzet makanan dan minuman mencapai Rp. 493,0 triliun, di mana
di dalam omzet tersebut market size minuman mencapai 50,6 %. Komposisi
persentase itu terdiri dari minuman berenergi 2,1 %, minuman isotonic 1,5 %,
teh siap minum 12,0 %, minuman berkarbohidrat 10,0%, minuman sari buah 1,5 %,
air minum dalam kemasan 18,0 % dan sirup 1 %. Pada tahun 2011 asosiasi industri
minuman ringan mengharapkan pasar minuman teh siap saji meningkat 7,5 % dari
total produksi 1,55 milyar liter pada tahun 2010 menjadi 1,67 milyar liter
(en.indonesiafinancetoday.com).
Minuman teh siap saji yang beredar di pasaran
Indonesia dapat dibedakan berdasarkan jenis kemasannya, seperti minuman dalam
kemasan botol (kaca maupun plastik), teh dalam kemasan kaleng, kemasan kotak
dan inovasi terakhir adalah teh dalam kemasan cup. Teh kemasan cup sendiri
dipelopori oleh PT. Garuda Food yang meluncurkan Mountea pada tahun 2005.
Kehadiran Mountea di pasar minuman teh kemasan membuat persaingan semakin
ketat. Sebelumnya telah banyak perusahaan yang mencoba memanfaatkan ceruk pasar
teh kemasan. Pada tahun 2002, PT. Coca Cola Amatil Indonesia mengeluarkan
Frestea untuk mengakhiri monopoli Teh Botol Sosro selama 30 tahun. Langkah ini
diikuti oleh beberapa perusahaan lain. Gambar di bawah ini menunjukkan
perusahaan dan nama produk yang ikut meramaikan pasar teh kemasan.
1.
Pengujian
Kuesioner
Kuesioner
dibagikan kepada 30 responden sebagai sampelnya. Uji validitas dilakukan untuk
mengetahui apakah kuesioner yang digunakan dapat mengungkap data dari variabel
yang diteliti secara tepat. Suatu indikator dalam sebuah instrumen dapat
dikatakan valid apabila hasil r hitung > r tabel. Dari pengujian yang dilakukan
terhadap semua indikator diperoleh hasil r hitung dari setiap indikator
memiliki nilai yang lebih besar dari r tabel, sehingga kesimpulannya adalah
seluruh indikator yang ada di dalam kuesioner dinyatakan valid dan dapat
digunakan untuk pengolahan data selanjutnya.
Reliabilitas
menunjukkan tingkat keandalan suatu data, bukan semata-mata instrumen yang
digunakan. Sehingga apabila suatu instrumen dikatakan reliabel, maka akan
menghasilkan datayang dapat dipercaya. Apabila datanya benar-benar sesuai dengan
kenyataan, maka berapa kalipun diambil hasilnya tetap akan sama. Alat yang
digunakan untuk menguji reliabilitas adalah Cronbach’s Alpha. Suatu atribut
dalam sebuah instrumen dapat dikatakan reliabel apabila nilai α > 0,60. Dari
pengujian yang dilakukan terhadap semua indikator pada evaluasi kepentingan
atribut (ei) dan tingkat kepercayaan atribut (bi), diperoleh nilai α > 0,60
untuk setiap atribut yang digunakan, sehingga dapat dinyatakan bahwa
atribut-atribut yang ada dalam kuesioner yang digunakan dapat dipercaya.
2. Pengumpulan
Data
Hasil rekap pengisian kuesioner
mengenai identitas responden yang terdiri dari usia, jenis kelamin, pekerjaan
responden, biaya konsumsi untuk minuman ringan berkarbonasi jenis Cola per
bulannya sertainformasi umum mengenai minuman ringan berkarbonasi jenis Coladapat
dilihat pada Tabelberikut
|
Keterangan
|
Jumlah (Orang)
|
||
|
Usia
|
15-20Tahun
|
13
|
|
|
21 - 25Tahun
|
10
|
||
|
26 - 30Tahun
|
4
|
||
|
>30Tahun
|
3
|
||
|
JenisKelamin
|
Laki-laki
|
21
|
|
|
Perempuan
|
9
|
||
|
JenisPekerjaan
|
Pelajar/Mahasiswa
|
17
|
|
|
PegawaiNegeri
|
4
|
||
|
PegawaiSwasta
|
5
|
||
|
IbuRumahTangga
|
2
|
||
|
Lainnya
|
2
|
||
|
PreferensiProduk
|
Coca Cola
|
18
|
|
|
Big Cola
|
12
|
||
|
AlasanMengkonsumsiProduk
|
Kebiasaan
|
6
|
|
|
PengaruhIklan
|
10
|
||
|
LebihNikmat
Dari Minuman Lain
|
8
|
||
|
Sensasi Soda
Menyegarkan
|
3
|
||
|
TidakMemakaiZatPewarna
|
2
|
||
|
Lainnya
|
1
|
||
|
BiayaKonsumsiMinumanRinganBerkarbonasiJenis
Cola Per Bulan
|
<Rp 6.000
|
8
|
|
|
Rp. 6.001 - Rp 18.000
|
12
|
||
|
Rp. 18.001 - Rp 30.000
|
3
|
||
|
Rp. 30.001 - Rp 42.000
|
5
|
||
|
Rp. 42.000 - Rp 54.000
|
2
|
||
|
>Rp 54.000
|
0
|
||
|
TempatMemperolehProduk
|
Supermarket
|
13
|
|
|
Warung/Toko
Kecil
|
10
|
||
|
RumahMakan
|
2
|
||
|
Lainnnya
|
5
|
||
|
FaktorPertimbanganSaatMembeliProduk
|
Harga
|
8
|
|
|
Merek
|
10
|
||
|
Ketersediaanproduk
|
4
|
||
|
Iklan
|
5
|
||
|
Kemasan
|
2
|
||
|
Jaminan
|
1
|
||
Dari hasil
pengamatan diatas dapat disimpulkan bahwa produk yang lebih menarik minat
pelanggan adalah Coca cola.
KUESIONER
Kami mohon bantuan
Bapak/Ibu/Kakak/Adik untuk mengisi beberapa pertanyaan yang ada di bawah ini.
Pertanyaan dari kami hanya ingin
mengetahui perilaku konsumen minuman bersoda. Kuesioner ini kami keluarkan
sebagai bahan untuk melakukan penelitian. Kami mohon bantuannya untuk dapat
mengisi kuesioner ini dengan sejujur-jujurnya dan selengkap-lengkapnya.
Isilah kuesioner berikut dengan melingkari jawaban yang anda pilih
Terima Kasih
1.
Jenis
kelamin
a.
Laki-laki b. Perempuan
2.
Usia
a.
15 –
20 tahun c. 26 - 30 tahun
b.
21 –
25 tahun d. > 30 tahun
3.
Jenis
pekerjaan
a.
Pelajar/Maahasiswa d. Ibu Rumah Tangga
b.
Pegawai
Negeri e. Lainnya......................
c.
Pegawai
Swasta
4. Apakah anda pernah mengkonsumsi minuman bersoda ?
a.
Ya b.
Tidak
5. Apa alasan anda mengkonsumsi minuman bersoda ?
a. Kebiasaan
d. Sensasi Soda Menyegarkan
b. PengaruhIklan
e. TidakMemakaiZatPewarna
c. LebihNikmat
Dari Minuman Lain f.
Lainnya ...................................
6. Diantara 2 produk dibawah ini, manakah yang lebih Anda minati ?
a. Coca-cola B. Big cola
a. Coca-cola B. Big cola
7.
Faktorapa
yang membuat anda lebih memilih produk tersebut ?
a. Harga d. Iklan
b. Merek e. Kemasan
c. Ketersediaanproduk f. Jaminan
8. Dimana anda memperoleh produk tersebut
?
a. Supermarket c. RumahMakan
b. Warung/Toko
Kecil d. Lainnya
................................
9. Berapa biaya yang anda keluarkan untuk
membeli minumanringanberkarbonasijeniscolaperbulan ?
a. <Rp 6.000 d. Rp. 30.001 - Rp
42.000
b. Rp. 6.001 - Rp
18.000 e. Rp. 42.000 - Rp
54.000
c. Rp. 18.001 - Rp
30.000 f. >Rp 54.000

Tidak ada komentar:
Posting Komentar